728x90 AdSpace

T e r b a r u
Jumat, 01 Maret 2013

Graphic Design

www.prloop.com

Graphic design atau desain grafis sudah tentu seringkali kita dengar didalam kehidupan sehari-hari, namun pada kenyataannya bisa dikatakan jika tidak semua orang mengetahui apa saja yang menjadi bagian dari graphic design, dan bahkan kami seringkali menjumpai kesalahpahaman tentang hal tersebut. Pada masa sekarang ini, graphic design juga dikenal dengan nama desain komunikasi visualvisual communication, ataupuncommunication design, karena sudah mengalami begitu banyak perkembangan, dengan cakupan yang lebih luas lagi.
Desain grafis merupakan generalisasi dari suatu proses kreatif dalam menghasilkan karya-karya grafis, sedangkan karya grafis ada begitu banyak macamnya, sbb:

The Part of Graphic Design

01. Logo Design
Logo, juga dikenal dengan istilah visual identity atau identitas visual, dan kami lebih suka menyebut proses kreatif tersebut dengan nama visual identity design. Dan sebagai sebuah identitas dalam wujud visual, logo akan selalu mewakili suatu perusahaan, brand, organisasi ataupun perorangan, melalui bermacam-macam media visual, mulai dari; kartu nama, website, televisi, packaging/kemasan, stationaries/alat tulis, video, iklan, poster, dan masih banyak lagi.
Logo terbagi menjadi 2 macam, yaitu; logo mark/symbol/icon dan logotype, meskipun lebih sering kita jumpai kombinasi diantara keduanya. Logotype merupakan logo dalam wujud tulisan atau type, misalnya saja Google. Sedangkan logo mark merupakan logo dalam wujud symbol, misalnya saja Apple. Dan apabila kita mengkombinasikan keduanya, mark dan logotype, Microsoft adalah salah satu contohnya.
02. Typography
Typography merupakan sebuah teknik atau cara didalam merancang suatu type atau yang lebih kita kenal dengan nama Font. Typography sangatlah diperlukan untuk suatu merek, karena merupakan bagian dari logotype. Pada umumnya, typography meliputi proses kreatif dari huruf “A” hingga “Z”,  dan dari angka “1″ hingga “0″, hingga simbol-simbol lainnya.
03. Print
Printmaking, merupakan sebuah proses kreatif didalam menghasilkan suatu karya grafis yang menggunakan media berbasis cetak, misalnya; book cover, music album cover, poster, iklan cetak / print ads, dan masih banyak lagi.
04. User Interface
User interface, dalam istilah lainnya adalah graphical user interface atau antar muka pengguna, merupakan tampilan secara visual atau dalam wujud grafis dari suatu software, ataupun hardware, tujuannya adalah supaya lebih mudah digunakan oleh para penggunanya. Dan kami menyebut rangkaian proses kreatif dalam merancang user interface ini, dengan nama user interface design.
Lalu apa saja contoh dari user interface? Percayalah, terkadang ada sebagian orang yang sepenuhnya tidak menyadari, apabila user interface selalu kita gunakan dalam keseharian, misalnya saja tampilan dari; Windows 8, Mac OS, Linux, Android, hingga aplikasi didalam sistem operasi tersebut. Bahkan, tampilan website merupakan sebuah user interface, tentunya jika anda menyadari hal itu.
05. Page Layout
Page layouting merupakan sebuah proses dalam mengatur elemen visual untuk suatu halaman, misalnya saja buku, majalah, ataupun koran. Sebagian besar desainer, ada yang menyebut kategori ini dengan nama editorial design, ada pula yang menyebutnya dengan nama book design, namun pada intinya sama, yaitu mengatur elemen visual untuk suatu halaman.
Proses kreatif didalam page layout adalah mengatur komposisi warna, tata letak, hingga bentuk. Dan tugas dari seorang desainer hanyalah mengatur tata letaknya, komposisi warnanya, ilustrasi ataupun foto, dan bukan menjadi editor untuk konten tekstual, kecuali sudah ada perjanjian content development.
06. Infographic
Infographic adalah informasi yang disajikan dalam wujud visual, mulai dari data, statistik, dan masih banyak lagi. Tujuan dari infographic desing adalah supaya informasi-informasi tersebut lebih mudah dicerna, dipahami oleh para audience dan anda. Dan pada umumnya infographic selalu dibutuhkan didalam sebuah acara presentasi.
07. Pattern
Pattern dalam contoh sehari-hari adalah tekstur batik. Pattern design adalah sebuah proses kreatif untuk menghasilkan suatu “pengulangan symbol/mark”, seperti halnya batik.
08. Film / Video
Produksi video atau film, juga merupakan bagian dari graphic design, dengan catatan untuk menyampaikan suatu pesan kedalam motion graphics atau motion pictures (gambar bergerak), misalnya; iklan tv, video tutorial, video profile, pengenalan produk, dan masih banyak lagi.
09. Illustration
Illustration atau illustrating, adalah sebuah proses kreatif didalam menterjemahkan suatu pesan, kondisi atau situasi, menjadi sebuah cerita. Pada umumnya ilustrasi digunakan untuk menghiasi cover buku, halaman utama majalah atau koran.
10. Dll
Desain grafis terus menerus berkembang, dan bagian-bagian didalamnya cukup banyak jika harus ditulis semuanya didalam halaman ini. Kami hanya menginformasikan bagian-bagian penting dari graphic design, dan tentu saja informasi lebih lengkap bisa anda baca di Wikipedia. Jika ada seseorang yang menyebut dirinya sebagai graphic designer, tentunya paling tidak harus menguasai 9 bagian diatas. Dan jika seseorang hanya menguasai 1 bagian saja, misalnya Logo, maka dia lebih cocok disebut sebagai logo designer, dan bukan graphic designer.

  • Bagaimana Menurut Anda?