728x90 AdSpace

T e r b a r u
Minggu, 15 Februari 2015

Berbagi Pengalaman, Menang Kontes Ribuan Dollar dari 99Designs

Sedikit mencoba berbagi pengalaman dalam bidang desain grafis, khususnya desain logo dan terkhusus lagi pada kontes desain logo online.   Beberapa situs website kontes desain online yakni 99designs.com, designcrowd.com, eyeka.com, logoarena.com hingga yang lokal punya sribu.com.

Sebenarnya sudah kenal tentang beberapa situs kontes desain sejak beberapa tahun yang lalu, namun karena masih sibuk dengan urusan kerja dan lain-lain (gare'...), terutama belum percaya diri alias minder untuk bersaing dengan desainer-desainer dari berbagai negara, akhirnya cuma sampai buat akun, lihat-lihat dan vakum.

Baru sekitar beberapa bulan yang lalu, kebetulan lagi menonton film dokumenter Desainer Kampung di sebuah stasiun tv swasta yang mengisahkan para pemuda disebuah desa namun bisa menuai dollar dari kontes desain. Ratusan anak muda di Desa Kaliabu Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang beralih profesi menjadi desainer grafis. Meski hanya belajar secara otodidak tapi karya mereka banyak dipakai perusahaan luar negeri.

Wah... mereka yang dengan latar belakang petani saja mampu menang. Belum lagi, mama saya yang juga sedang menonton bersama saya berujar "Masa' nakalah ko..., na sudah lamami ko kerja yang begituan". Saya pun harus bisa membuktikan, saya juga tinggal di kampung (Paleteang, Pinrang, Sulawesi Selatan) dan mampu go international. Semangat ikut kontes desain kembali berkobar... (SERBU...!!!).

Langsung nyalakan komputer dan buka website 99designs.com, salah satu penyedia kontes desain online yang sama dengan yang mereka ikuti. Alhamdulillah, ternyata akun saya masih aktif dan di profil ada keterangan member sejak 3 tahun yang lalu.

Kebetulan orderan lagi sepi, coba memilih dan memilah kontes di 99designs dan akhirnya ikut kontes pertama di ajang internasional. Walaupun sempat minder karena melihat hasil desain dari para desainer yang top, tapi ini adalah tantangan dan minimal jadi tempat belajar dan yang paling penting lagi agar dompet bisa terisi lagi. (xixixi...)

Kontes pertama cukup mengesankan, setelah proses seleksi akhirnya terpilih sebagai finalis, walaupun pada akhirnya tidak juara. Lumayan melelahkan juga, karena meski aktif mengikuti proses dari awal dengan beberapa kali revisi hingga penentuan pemenang sekitar satu minggu tapi yang dipilih cuma satu, runner up tidak dapat apa-apa. Hmm...

Tetap semangat mengikuti kontes lainnya dan tak terasa setiap hari sekitar 6-8 jam duduk didepan monitor dengan mengikuti sekitar 7 kontes. Beberapa hari berlalu, HP semakin sering berdering, notifikasi dari email tentang feedback dan rating desain dari contest holder (CH). Sudah semacam rutinitas mengecek notifikasi email yang kemudian mulai sedikit jenuh.

Hingga kurang dari 2 minggu sejak pertama mengikuti kontes, tepatnya tanggal 29 Oktober 2014, saat bangun pagi rutinitas mengecek notifikasi email (dalam hati ah, pasti isinya sama dengan hari-hari sebelumnya). Setelah email itu dibuka ternyata isinya: Congratulations! You've been awarded the $200 USD prize for the 99designs.com contest "Logo refresh for **** ***** *****"! (kontes logonya kategori "private contest", jadi tidak bisa dipublish).  Alhamdulillah...


Komputer langsung dinyalakan, cek kontes tersebut dan ada beberapa revisi kecil yang diminta. Setelah proses selesai saldo di 99designs pun sudah bertambah. Tapi, bingung lagi, mencairkannya bagaimana? Ada 4 pilihan proses pencairan lewat Payoneer, MoneyBookers, Paypal dan western union.

Dari semua pilihan, semua membutuhkan akun pembayaran virtual yang saya belum punya dan hanya ada satu yang tidak membutuhkan akun yakni Western Union. Akhirnya pilih kirim lewat Western Union, meski potongannya paling besar dan waktu pengiriman paling lama tak masalah yang penting duitnya diterima dulu. Hehehe...

Semangat semakin berkobar dan rasa penasaran pun semakin besar. Belum lagi tiba hadiah yang pertama, ada lagi notifikasi menang di kontes yang lain. Alhamdulillah Ya Allah...

Untuk transferan selanjutnya, saya akhirnya buka akun Paypal dengan menggunakan Virtual Credit Card (VCC).

Sejak saat itulah rutinitas dan jadwal tidur berubah. Saya lebih banyak ikut kontes yang dibuat oleh CH dari Amerika yang notabene selisih 12 jam dari waktu kita. Saya semakin aktif mengikuti kompetisi dan Alhamdulillah dalam 2 bulan telah memenangkan 8 kontes dengan total hadiah $2.189 dari 99designs.

Menurut saya cukup fantastis, dengan hanya duduk manis depan monitor ditambah kopi dan sedikit mengorbankan jam tidur. Terlebih lagi bisa lebih dekat dengan keluarga. Kebetulan pula nilai tukar dollar yang tinggi pada saat itu, jadi jika dirupiahkan jadinya lumayan...

Hingga kini saya sudah punya langganan klien, ketua Dewan Salah satu Sekolah di Texas, yang langsung memberi order desain tanpa melalui kontes (istilah dalam 99designs 1-to-1 project) dan sudah mengerjakan 4 project desain sekolahnya.

Hampir disemua website kompetisi desain online yang ada, baik skala kecil hingga dengan hadiah puluhan ribu dollar, banyak didominasi oleh orang Indonesia. Sudah banyak bahkan yang punya prestasi yang luar biasa menurut saya dan saya masih jauh dari mereka.

Saya pun yakin, bahwa masih banyak diantara kita yang punya kemampuan lebih dari yang saya dapatkan, namun belum menemukan keran untuk mendapatkan penghasilan dari jalur online seperti ini.

Semoga Badan Khusus ekonomi kreatif yang baru dibentuk pemerintahan kita mampu menjadi jembatan dan wadah yang menaungi para desainer grafis di Tanah Air, terkhusus lagi yang masih minim akses informasi dan jaringan.

Terima kasih Ya Allah, terima kasih keluargaku, thanks also to 99designs semoga saya bisa lebih banyak berbagi, mudah-mudahan postingan ini bukan menunjukan rasa takabur. Saya berharap ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi yang lainnya bahwa internet tidak hanya untuk update status, baca gosip, main game online dan nonton youtube. Orang kampung pun bisa go international.

Salama'ki na to pada salama...
  • Bagaimana Menurut Anda?