728x90 AdSpace

T e r b a r u
Minggu, 08 Maret 2015

Kreatifitas Siswa SD Menjawab Secara Visual, Diganjar Nilai Nol

Sebuah usaha seorang siswa kelas 4 SD untuk kreatif dalam menjawab soal justru berbuah petaka. Dia mendapat nilai nol gara-gara menjawab seluruh soal dengan gambar.


Pada pertanyaan nomor 1, Ahmad mencantumkan gambar kodok sedang melompat saat menjawab soal ‘Katak bergerak dengan cara ….. Alat geraknya adalah kaki’.

Pertanyaan berikutnya, Ahmad menggambar kupu-kupu yang sedang terbang saat menjawab pertanyaan, ‘Kupu-kupu bergerak dengan cara terbang. Alat geraknya adalah….

Demikian seterusnya. Siswa ini menjawab 10 pertanyaan ulangan dengan gambar tegas mewakili jawaban yang dia utarakan.

Sayangnya, guru mata pelajaran yang diujikan justru menganggap Ahmad main-main dengan jawabannya.

“Kebanyakan ngayal kamu!” kata guru mata pelajaran tersebut dalam testimoninya.

Karena menggambar gajah sedang menyemprotkan air saat menjawab pertanyaan nomor 10, ‘Guna belalai gajah adalah untuk.....’ dan dua ikan di akuariuam tatkala menjawab pertanyaan ‘Ikan hanya dapat hidup dalam…’ Ahmad mendapatkan nilai nol.

Beberapa netizen di jejaring sosial media angkat bicara  tentang hasil tersebut. Salah satunya adalah akun Akbar Mappaleo, pelaku dan profesional  graphic designer yang kembali mengunggah hasil lembar jawaban anak tersebut dan memberikan komentar,
Ketika gurunya menorehkan nol besar di kertas ini, pada saat itu pula si anak kreatif ini berhenti berimajinasi.
Skarang bergantung orang tua nya di rumah, apakah ikutan-ikutan mengebiri kreatifitas anak ini, atau memberikannya motivasi.
Padahal anak ini berpotensi menjadi next Walt Disney atau Spielberg

Demikian halnya dengan Maydina Zakiah Siagian, penggiat komunikasi visual juga turut menuliskan komentar,
‪#‎speechless‬ gmn jk bapak/ibu/mas/mbak jd guru/pendidiknya? Kira2 mberikan ponten berapa jk jawabannya sperti berikut? Esensi jawabannya benar hanya saja berbentuk visual 
Hmm... Sangat disayangkan,..
(diolah dari sumber Rimanews dan facebook)
  • Bagaimana Menurut Anda?