728x90 AdSpace

T e r b a r u
Kamis, 20 Agustus 2015

MERAH PUTIH BERKIBAR DI FESTIVAL MUSIK TERBESAR DI EROPA TIMUR

Noxa adalah band pertama yang mengibarkan Merah Putih di panggung Obscene Extreme Festival, Trutnov, Republik Cek. Obscene Extreme Festival di Republik Cek merupakan salah satu festival musik terbesar di kawasan Eropa Timur. Bahkan, CD kompilasi Obscene Extreme Festival 2010 bertajuk Silence Sucks! didedikasikan untuk penggebuk drum pertama Noxa, almarhum Robin Hutagaol.

Noxa Band

Band bergenre grindcore yang beranggotakan Tonny (vokal), Nyoman (bas), Ade (gitar), dan Alvin (drum) tampil di Obscene Extreme Festival pada 15 Juli 2010. 


"Menurut Ade, di Trutnov inilah acara Obscene Extreme Festival 2010 berlangsung dengan total 66 band yang tampil selama tiga hari dari 15 sampai 17 Juli 2010. Jumlah penonton acara tersebut mencapai sekitar 30 ribu.

Band yang tampil bersama Noxa di Obscene Extreme Festival 2010 di antaranya band pelopor genre crossover dari Amerika Serikat, DRI, dan band lawas pengusung aliran crust punk dari Inggris, Doom. 

Noxa membuka jalan bagi band-band Indonesia sejenis untuk tampil di luar negeri. Saat masih diperkuat Robin Hutagaol, band asal jakarta itu menggebrak panggung Tuska Metal Fest 2008 di Helsinki, Finlandia,akhir Juni 2008. Tuska Metal Fest merupakan konser musik beraliran metal terbesar di kawasan Skandinavia.

Kesuksesan Noxa di Obscene Extreme Festival pun diteruskan Jasad. Di Trutnov, Jasad berbagi panggung dengan band-band pionir beraliran death metal seperti Terrorizer dan Obituary. Penampilan Jasad pun disorot portal spesialis musik metal yang berbasis di Swedia, www.metalrebel.com. Secara khusus, portal itu memajang foto-foto Noxa di Obscene Extreme Festival 2015.

Menanggapi semua dukungan, dalam akun Twitter resmi mereka, Jasad mencuit, "Terimakasih utk semua yg tlh membantu & mendoakan kami utk @obsceneextreme , see ya at @BLOODSTOCKFEST." 

Tak dikenal di dalam negeri, bukan berarti kita harus berhenti berkarya. Teruslah berbangga hingga tiba saatnya kita mengibarkan merah putih di mancanegara. 

  • Bagaimana Menurut Anda?