728x90 AdSpace

T e r b a r u
Jumat, 11 Desember 2015

Sahabat KITA Tanamkan Mental Anti Korupsi Sejak Dini Melalui "KREASI!"

Komunitas Belajar Ceria - Sahabat KITA menggelar gerakan sosial anti korupsi dalam rangka memperingati hari Anti Korupsi Internasional (9/12). Kegiatan bertajuk "Kita Genereasi Keren Anti Korupsi!" atau disingkat "KREASI!" digelar pada hari Rabu, 9 Desember 2015 di Lasinrang Park, Pinrang . Mulai dari kegiatan Lomba Menggambar dan Mewarnai tingkat TK /SD, Kios Kejujuran, Dongeng Anti Korupsi, Corat Coret Grafiti, Games Anti Korupsi, Pagelaran seni, pameran kreasi hingga Deklarasi Koalisi Generasi Keren Anti Korupsi. 

Sahabat KITA Tanamkan Mental Anti Korupsi Sejak Dini Melalui "KREASI!"
Suasana Lomba Mewarnai dalm kegiatan KREASI!

Kegiatan Hari Anti Korupsi ini melibatkan beberapa komunitas di kabupaten Pinrang dengan beragam latar belakang usia.  Keterlibatan komunitas diharapkan dapat mendorong partisipasi publik yang lebih luas dalam berinisiatif, berpartisipasi dan berkolaborasi melakukan kampanye serta edukasi berkelanjutan pencegahan korupsi melalui penanaman nilai nilai integritas 9+1. Nilai tersebut berasal dari sembilan nilai intergritas KPK yakni jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, adil, serta sabar sebagai tambahannya.



Beberapa komunitas dan institusi  yang turut berpartisipasi antara lain Kejaksaan Negeri Pinrang, Ikatan Notaris Indonesia, Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah daerah Parepare dan sekitarnya, Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK), CIMB Niaga, Infest, Lasinrang Dummers, Sanggar Kreatif Pinrang, Sanggar Seni Lasinrang, Kelompok Seni Budaya SMAN 1 Pinrang dan Teater Tapak Baramuli serta pihak donatur dan sponsor.

Ammar, salah seorang anggota komunitas Lasinrang Drummers menyambut baik kegiatan ini. "Begitu kami diajak berpartisipasi, kami langsung menyambat baik dan siap berpartisipasi, terlebih lagi kegiatan ini sangat positif terutama dalah hal pemberantasan korupsi yang sangat  jarang kami dapatkan dikegiatan lainnya", ujarnya.

Wahyuniar Yusuf, Koordinator Sahabat KITA berharap kegiatan KREASI! ini bisa  memutus tali budaya buruk korupsi melalui pendidikan karakter untuk anak. Salah satunya dengan menyosialisasikan nilai integritas 9+1 melalui kegiatan menggambar, mewarnai dan dongeng. "Kami yakin bahwa nilai-nilai integritas nantinya akan  tertanam pada anak akan jadi investasi yang mahal di masa yang akan datang". ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Kebakaran (KPK), Aswadi Haruna dalam sambutannya mewakili bupati Pinrang menyampaikan apresisasi terhadap kegiatan ini.

"Kegiatan KREASI! yang dilaksanakan oleh adik-adik Sahabat KITA pada hari anti korupsi ini adalah   momentum kebangkitan semangat pemberantasan korupsi di kabupaten Pinrang  dan bagaimana korupsi ini bisa dicegah sejak dini," ungkapnya.

“Dengan kegiatan di momen hari anti korupsi ini, semoga semangat pemberantasan dan juga pencegahan korupsi bisa menyebar ke generasi muda di kabupaten Pinrang dan dilaksanakan secara berkelanjutan,” tambahnya.



Sementara itu koordinator kegiatan Fajar Bakri, menyampaikan bahwa, kegiatan KREASI! ini merupakan komitmen dari komunitas di Pinrang dalam membantu upaya pemberantasan dan pencegahan korupsi. "Meski dengan persiapan yang minim, namun kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses, ini adalah bukti komitmen bersama komunitas di kabupaten Pinrang dalam melawan korupsi, dan sebisa mungkin menjadi agenda tahunan" katanya.



Puncak kegiatan diisi dengan pembacaan deklarasi "Koalisi Generasi Keren Anti Korupsi (KREASI!)" oleh Wahyuniar Yusuf dan diikuti oleh komunitas dan instansi yang hadir serta para tamu undangan yang hadir di area Lasinrang Park, Pinrang yang diakhiri dengan penandatanganan kain putih oleh peserta Deklarasi.
Berikut isi Deklarasi Koalisi Generasi Keren Anti Korupsi,

DEKLARASI
Deklarasi Koalisi Generasi Keren Anti Korupsi

Dengan menyebut nama Allah, Tuhan Yang Maha Esa,
Kami, Koalisi Generasi Keren Anti Korupsi meyakini:
Korupsi Bukanlah Budaya Indonesia.
Korupsi adalah kejahatan luar biasa yang merampas hak masyarakat untuk sejahtera.
Korupsi merusak kehidupan berbangsa, dan bernegara.
Maka dari itu:
Pada hari ini, Rabu, 9 Desember 2015 pukul 21.15 WITA menyatakan Perihal utama yaitu,
Kami Anak Bangsa bertekad membebaskan Indonesia dari korupsi untuk mewujudkan Indonesia yang  Adil dan Sejahtera serta demi masa depan negeri yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Demikian Deklarasi Koalisi Generasi Keren Anti Korupsi

Pinrang, 9 Desember 2015
Koalisi Generasi Keren Anti Korupsi




  • Bagaimana Menurut Anda?