728x90 AdSpace

T e r b a r u
Rabu, 23 Maret 2016

Sahabat KITA Kembali Menggelar Kegiatan BINTANG


BINTANG 2016 goes to BASSEANG

"Bukankah Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama."

Dari sekumpulan anak muda yang peduli akan peningkatan pendidikan, maka pada Bulan Juli 2013 dibentuklah Komunitas Sahabat KITA dengan pendekatan Pola Belajar Ceria. Tujuannya agar anak-anak yang mereka juga disebut sebagai “sahabat” itu turut mendapat kesempatan belajar, membaca buku, bermain dengan teman-temannya dan berkreativitas dengan kreatif dan menyenangkan.

Sebagai masyarakat yang bependidikan dan profesional, ditengah kesibukan aktifitas keseharian, tetap dituntut untuk peka akan kondisi sosial disekitar kita. Walaupun dengan sedikit kelebihan dan kelonggaran yang dimiliki, kita juga tetap dituntut untuk mau berbagi.

Pada bulan Februari tahun 2016, berdasarkan hasil keputusan Kumbang Raksasa (Musyawarah Anggota) Komunitas Sahabat KITA bertansformasi menjadi sebuah Lembaga berbadan hukum dengan nama Lembaga Sahabat KITA sebagaimana SKT Nomor: 21/ORMAS/II/KESBANG/2016 yang diterbitkan Badan KESBANGPOLMAS kabupaten Pinrang dan Akta Notaris Sri Rahmawati, SH, M.Kn, Nomor 16 tanggal 15 Februari 2016 .

Melalui Sahabat KITA, kami ingin menumbuhkan semangat anak-anak, generasi muda, dan semua pihak untuk menatap kedepan dan melukis senyum di bibir mereka untuk masa depan yang lebih baik. Memupuk kreativitas serta menambah semangat dan kepercayaan diri mereka menjadi generasi penerus yang gemilang.

Apa itu BINTANG 2016 goes to Basseang?


BINTANG merupakan istilah yang kami gunakan untuk kegiatan tahunan ini dan merupakan akronim dari “Berbagi Ceria di Hari Pendidikan untuk Masa Depan Gemilang” dan merupakan tahun ketiga penyelenggaraan BINTANG setelah sebelumnya di Desa latimojong, Kabupaten Enrekang pada tahun 2015 dan Desa Letta dan Kariango, Kabupaten Pinrang pada tahun 2014.


Video dokumentasi BINTANG sebelumnya bisa dilihat disini:

    

Pelaksanaan BINTANG 2016 goes to BASSEANG dimaksudkan untuk memfasilitasi bersinerginya semua pihak yang ikut andil dalam pengembangan potensi yang ada di desa terpencil dari sektor pendidikan, kesehatan, dan sektor lainnya bagi peradaban dan daya saing bangsa, dengan tujuan:

  1. Membangkitkan semangat dan motivasi pada anak-anak untuk belajar dengan giat menggapai cita-cita mereka.
  2. Berbagi metode pembelajaran kreatif dan menyenangkan yang berwawasan lingkungan.
  3. Menumbuhkan motivasi pendidikan generasi muda, khususnya sebagai target awal adalah di daerah Pinrang, dan berupaya terus memperluas target lokasi Peduli Pendidikan.
  4. Memperingati Hari Pendidikan Nasional bersama dengan guru, siswa dan masyarakat di desa Basseang.

    Kapan Pelaksanaan BINTANG 2016?

    Kegiatan BINTANG 2016 Goest to Basseang sedianya dilaksanakan pada:
    Hari/Tanggal: 
    Jumat s.d. Senin / 29 April s.d. 2 Mei 2016
    Lokasi : 
    Dusun Kalosi dan Dusun Tadokkong, Desa Basseang, Kabupaten Pinrang

    dc53789c090c3475bcf9982f93509f77b9afd4ae

    Apa saja Kegiatan di BINTANG 2016?

    Kegiatan ini akan diselenggarakan dalam beragam bentuk dengan sistem homestay dimana para relawan BINTANG 2016 akan tinggal dan berbaur di rumah warga yang sudah ditentukan. Kegiatan akan dilaksanakan dalam beberapa bentuk, yaitu:

    Camping Ceria, akan diikuti oleh perwakilan siswa dari sekolah yang mengirimkan perwakilan siswa yang berprestasi diutamakan yang kurang mampu serta merupakan siswa kelas 3-5 SD dan Kelas 1-2 SMP. Camping ceria akan menyerupai kegiatan Persami, dimana siswa-siswa akan dibagi ke dalam beberapa kelompok dan masing-masing kelompok akan didampingi oleh kakak pembimbing. Agar semakin semarak, terdapat reward and warning. Warning hanya bersifat edukatif, dan membangkitkan rasa kebersamaan, riang dan gembira.Adapun item kegiatan dalam camping ceria antara yakni:
    • - Kakak Inspirasi (Berbagi Inspirasi dari Kakak Relawan dari beragam profesi)
    • - KADO (Kakak Dongeng)
    • - Kreasi Seni (Lomba & Malam Pentas Seni)
    • - Kelas kreatif untuk guru
    • - Lomba permainan tradisonal dan Outbound Ceria
    • - Bioskop KITA (Nonton Bersama menggunakan Layar Lebar)
    • - Pembagian Alat Tulis & Sarana Penunjang Sekolah.

    Upacara Hari Pendidikan Nasional
    Upacara Hari Pendidikan Nasional akan dilaksanakan di halaman sekolah yang berada di dusun Tapporang pada tanggal 2 Mei 2016. Peserta upacara adalah para kepala sekolah, guru, siswa, aparat pemerintah, tokoh masyarakat dan pemuda desa serta para relawan BINTANG 2016.

    Peduli Sehat (PeSat). Dalam kegiatan ini, relawan BINTANG 2016 yang merupakan tenaga medis dan tenaga kesehatan yang ada di desa serta dari dinas kesehatan akan melakukan ekpedisi medis, yakni mendatangi beberapa kampung yang ada di Desa Basseang untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan gigi dan mulut, pengobatan, serta sunatan (sirkumsisi) massal secara gratis.Adapun item kegiatan tambahan nantinya akan menyesuakan dengan jumlah relawan medis BINTANG 2016.

    Peduli KITA Peduli Desa
    Konsep kegiatan yang akan dihadirkan dalam rangkaian Peduli KITA Peduli Desa adalah merupakan kegiatan yang melibatkan warga desa, khususnya pemuda dan petani serta relawan BINTANG 2016 yang dikemas dalam beragam jenis kegiatan, antara lain:
    • - Penyuluhan Pertanian,
    • - Workshop singkat,
    • - Kerja Bakti,
    • - Belajar dari Pak Tani,
    • - Pertandingan olahraga antar warga (bola voli), dan lain sebagainya.

    Pendirian Rumah Ceria.
    Sebagaimana kegiatan BINTANG sebelumnya, akan ada kegiatan pendirian Rumah Ceria Sahabat KITA. Rumah Ceria merupakan taman baca sekaligus menjadi pusat kegiatan belajar di desa. Pihak desa akan menyediakan lokasi atau rumah yang akan dibedah oleh tim kreatif BINTANG sehingga layak dijadikan menjadi Rumah Ceria dan pengelolaannya akan diserahkan kepada seorang penanggungjawab yang juga merupakan warga desa. Selain itu, juga akan dilaksanakan penyerahan Donasi Paket Buku “One Book One Life” serta perlengkapan penunjang belajar lainnya.

    Jejak Petualang.
    Para relawan BINTANG 2016 selain disuguhkan dengan beraneka ragam kegiatan sosial, juga diselingi dengan kegiatan trip wisata ke lokasi wisata yang ada di desa Basseang. Hal ini diharapkan menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk ikut serta menjadi relawan BINTANG 2016.

    5be9c893b74998be602b3a2559602447e710c61d

    Mengapa Kami melakukan Crowdfunding untuk BINTANG?

    Seperti halnya pada kegiatan Sahabat KITA pada umumnya, sumber pandanaan sangat mengandalkan sumber pendanaan secara swadaya, berupa donasi dan iuran para anggota. Kami pun sangat menyadari bahwa kegiatan BINTANG tentu tak bisa hanya berharap pada SDM relawan dan program semata tanpa sumber daya pendanaan. 

    Dan kami pun meyakini, bahwa sebuah kepedulian dan bekerja dengan hati akan menghadirkan jalan untuk mencapai tujuannya dan akan dipertemukan pula dengan hal-hal baik pula. 

    Karena itu pula, kepedulian dan bantuan dari segala pihak sangat kami butuhkan untuk anak-anak dan masyarakat di Desa Basseang yang menantikan secercah harapan untuk secuil senyum dan semangat untuk hidup yang lebih berarti. Para relawan profesional dari beragam profesi dan latar belakang keilmuan dan keterampilan pun telah siap untuk berbagi dengan mereka.

    Adapun Total Dana yang kami butuhkan untuk menyelenggarakan kegiatan ini adalah 
    Rp. 35.160.000,-



    10a5d80883f71da3f41cf1f0191b74ac6cd54d06
    Semua dana yang terkumpul akan digunakan untuk pelaksanaan kegiatan BINTANG 2016 goes to BASSEANG. Pertangunggungjawaban akan kami update di situs sahabatkita.org akun facebook Sahabat KITA twitter SahabatKita_KBC instagram SahabatKita_KBC, ataupun melalui email pribadi dari kami langsung ke donatur.

    Panitia BINTANG 2016 menerima donasi berupa:
    Peralatan sekolah, baju seragam, obat-obatan, buku bacaan, dan atau uang tunai.
     Adapun donasi dalam bentuk uang dapat diserahkan langsung dengan menghubungi:
    Rumah Ceria Sahabat KITA
    Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo (Eks. Andi Pawelloi), Belakang KSU Multiguna, Lr. 4
    Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan
     Taman Ceria
    Tiap jumat 16.30 WITA
    Pelataran Mesjid Agung Al Munawir
    Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan

    Donasi berupa uang ditransfer melalui 
    BANK BRI nomor rekening: 502301012345534 atas nama Sahabat KITA,
    (setelah transfer mohon konfirmasi ke panitia pelaksana)

    Pertanyaan, Konfirmasi atas donasi yang telah diberikan atau segala kebutuhan informasi mengenai BINTANG 2016 goes to BASSEANG harap menghubungi Wardani Masri selaku Ketua Panitia di 081343678978 (Whatsapp dan Nomor Handphone) atau Wahyuniar Yusuf selaku Ketua Lembaga Sahabat KITA di 085331475827 (Whatsapp dan Nomor Handphone)


    Keep Our Dream Alive

    c7226df1e64385486fef88aa0fe487a82cfbbec0
    • Bagaimana Menurut Anda?